Mie Ayam Di Rumah Persis Seperti Mie Ayam Si Wiet Atau Encek Gondok – Segitiga Senen

Dari puluhan atau mungkin ratusan mie ayam di Jakarta ada tiga favorit saya sedari kecil. Yang pertama Mie ayam si Wiet, dulu adanya di segi tiga senen. Saya mulai makan sejak yang jualan namanya Tante Wiet, katanya sejak jamannya nenek saya ayahnya sudah jualan mie namanya encek Gondok. Yang ke dua Mie Si Abu adanya di jembatan batu Pinangsia, dia ini juga pabrik sambel Cap Dua Belibis, pertama kali Kentucky Fried Chicken buka di Indonesia pakai sambel cap Dua Belibis ini. Yang ke tiga Bakmi Gajah Mada, nggak usah diceritain juga udah pada tau kan kalau yang ini.

Mie ayam Si Wiet ini punya keistimewaan sendiri, mie nya bikinan sendiri, pakai bawang goreng, makannya pakai sambel kacang dan acar timun. Baso dan pangsitnya jangan ditanya besarnya! Pangsit gorengnya sebesar telapak tangan orang dewasa dan garing sekali, kalau makan pangsit goreng pasti saya ceburkan ke kuah ayamnya. Biasanya Tante Wiet udah tau kebiasaan kami, kalau kakak saya pasti ayamnya paha, kalau saya dada dan kalau untuk ayah, malah ada telor ayam muda dikasih kuah.

Begitu besar porsinya untuk kami waktu itu sehingga saya dan adik saya kalau makan lama sekali dan pernah beberapa kali sampai ditinggal pergi dulu dengan orang tua kami, dan setelah mereka kembali, kami masih belum selesai makan hahaha.Seingat saya dulu harga satu pangsit gorengnya aja sama kali dengan harga satu mangkok mie ayam di tempat lain.  Di sebelahnya ada otak otak Ny. Sulaeman, biasanya sambil tunggu mie nya masak kita bisa makan otak otak. Belakangan setelah tergusur dari segitiga Senen, mie ayam ini pindah tempat beberapa kali dan terakhirnya di Cibubur. Terakhir sekali kalau kita mau makan harus pesan dulu minimum sepuluh mangkok …… Wah, saya sangat kehilangan mie ayam Si Wiet.

Di Amerika ini, istri saya mencoba membuat mie ayam ala Si Wiet. Dengan ingatan ingatan kami semasih suka makan mie ayam ini jadilah mie ayam Sie Wiet, cuma mie nya nggak bikin tapi beli aja di supermarket.

Lengkap juga dengan sambal kacang dan acar timunnnya

Yang kami nggak duga adalah anak anak dan juga adik saya bilang ya memang mirip sekali dengan mie ayam Si Wiet.

This entry was posted in Makan and tagged . Bookmark the permalink.

3 Responses to Mie Ayam Di Rumah Persis Seperti Mie Ayam Si Wiet Atau Encek Gondok – Segitiga Senen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *