SINOU, tempat hangout kaum muda

Hari itu awan di langit terlihat sangat pucat…. Saya memang sudah janjian untuk datang ke Sinou, dan mencicipi apa yang tersedia disana. Tidak terbayangkan sebelumnya, suasana seperti apa dan makanan apa yang biasanya dihidangkan disana.

Welcome to SINOU Kaffee Hausen

Welcome to SINOU Kaffee Hausen

Kami tiba di Sinou sekitar jam 1 siang. Dari luar bangunan, tampak bergantungan bendera-bendera dari team peserta sepak bola dunia 2010 di Afrika Selatan… Saya menduga, pastiii disini setiap hari ada acara “nobar” atau NONton BAReng piala dunia sepak bola. Masih belum terbayang suasana di dalam café tersebut.

 

Interior of Sinou

Interior of Sinou

Begitu kami membuka pintu masuk.. Langsung terlihat suasana yang agak remang, tapi cozy sekali suasananya… Kami memandang ke sekeliling ruangan… hmmm… nyata sekali bahwa konsep penataan interior nya adalah “Warehouse gaya Amerika”… Ini dapat terlihat dari “bare concrete” pada bagian ceiling nya. Sisa cor-coran beton dibiarkan tidak di finish halus. Kemudian, beberapa bagian dari temboknya dibuat seperti mengelotok, sehingga batu bata nya terlihat…

 Mula-mula kami duduk di kursi sofa 1 seater dengan meja kayu bulat… namun, karena tujuan kami juga ingin mengabadikan makanan2 yang dihidangkan disini, maka kami pindah ke meja makan….

Sinou Menu

Sinou Menu

Woooow… lucu sekali… meja nya terbuat dari daun jendela kayu dan kaca yang sudah tidak terpakai… idée yang sangat brilliant!! Tidak habis-habisnya saya berdecak kagum. Belum jika melihat beberapa kursi sofa antik layaknya barang-barang yang sudah tidak terpakai… Jadi konsep “warehouse” nya memang sangat kental dan total dibuatnya… Lihat juga diniding-dindingnya… dihias oleh ornament-ornament yang terlihat bekas, namun layak digantung… juga ada poster-poster tempo dulu, papan nama jalanan di Amerika… sangat impressive…

"Baked Fried Rice" with meatballs

"Baked Fried Rice" with meatballs

Nah, sekarang kami mulai membuka list makanan dan minuman yang ada di menu. Cukup banyak juga menu makanannya… Mata kami mulai membaca dari atas, satu persatu… oooh… ada beberapa menu breakfast… Nikmat niiih kayaknya, tapi saying, sekarang sudah jam 1 siang, rasanya harus langsung ke Main dish saja.

 Menu andalan SINOU adalah “Baked Fried Rice” ada beberapa pilihan tambahan, yaitu Sausage, Meatballs, Chicken, Mushroom… Kami memesan Baked Fried Rice with Meeaballs..  Jadi, masakan ini sebetulnya adalah nasi biasa yang digoreng dengan butter,.. yang membuatnya menjadi unik, adalah lapisan sliced cheese yang diletakkan di atas nasi yang telah digoreng, kemudian nasi tersebut di panggang, bersama-sama dengan meat balls nya… Walhasil.. didapat rasa yang nikmaaatnya luar biasa… Tepat seperti slogannya: “Sinou’s Baked Rice with Melted Cheese drizzling on the top.. hmmm.. Guaranteed satisfactional”

Grilled Oxtail juga merupakan menu andalan lain dari Sinou. Buntut sapi yang telah dilamuri tepung, kemudian digoreng, dan dhidangkan terpisah dengan kuah nya yang diramu dengan ramuan khas Sinou.

Cocktail Blue---soo refreshing

Cocktail Blue---soo refreshing

Pesanan minuman kami, ternyata dalam porsi besar… hahaha… karena ketidak tahuan kami, jadilah kami tertawa… Tunggu dulu… Cocktail Blue nya nikmaat sekali… Terbuat dari  syrop dan buah blueberry asli yang di blended, kemudan ditambahkan irisan-irisan kecil buah-buahan strawberry, peach, mangga, apel, blueberry… menambah nikmatnya citarasa minuman tersebut.

the Bell on the window leaf table

the Bell on the window leaf table

Apabila anda ingin mencicipi hidangan yang lain, di Sinou ini juga tersedia ragam masakan yang lain, seperti Full Breakfast, Sandwiches, Spaghetti dan Fettucine, Pancake dan Waffle, French toast dengan aneka rasa jam,..

Oya, ada yang menarik lainnya… jika anda ingin memanggil waiter nya, maka cukup di bell saja, karena disediakan bell unik di setiap meja nya…. Triiing…. Tidak lama, pasti waiter nya datang menghampiri anda..

Pada bulan kejuaraan dunia sepak bola ini, Sinou sengaja memasang big screen di dalam, dan mengadakan acara nonton bareng, yang sudah pasti dipadati pengunjung setiap malamnya.

 Alamat Sinou:

Jl. Panglima Polim V No. 26 Kebayoran Baru- Telp:(021) 7258568

Posted in Makan | Tagged , , | 4 Comments

Suatu Sore di WARUNG ABAH

Interior di Warung Abah

Hari telah menjelang sore, ketika saya selesai menghadiri 2 rapat di daerah yang berbeda. Otak lumayan agak panas… Sepertinya saya butuh sesuatu untuk mendinginkan isi kepala… hmmm … pikir pikir, enak juga nih kalau mampir ke Warung Abah. Jaraknya juga tidak jauh dari kediaman saya, sehingga tidak membutuhkan waktu yang banyak…. Sudah terbayang jenis makanan dan minuman yang ada disana.

Makanan tersaji di atas anglo

Makanan tersaji di atas anglo

Disini, makanan disajikan di atas anglo di bawahnya dinyalakan api untuk menjaga makanan tetap hangat. Anglo terbuat dari tanah liat, tidak ada unsur besinya sama sekali. Kita bisa langsung memilih dan menunjuk makanan yang kita kehendaki.

Sop Buntut di Warung Abah

Sop Buntut di Warung Abah

Menu favorit Warung Abah, antara lain adalah: Gurame goreng terbang, Ayam bakar bumbu rujak, Cue Tomat Hijau, ada juga sop buntut, diantara sejumlah makanan-makanan lain yang jumlahnya tidak kurang dari 100 jenis makanan. Selain itu, Special menu untuk minumannya juga beragam, seperti: Kopyor Special Lebak, es teh lychee, juice pelangi, dan yang tidak kalah menarik adalah “Saparella”… ini minuman yang duluuuu sekali pernah ada, namanya Sarsaparila, dikemas dalam botol yang antik.

Lauk pauk di Warung Abah

Lauk pauk di Warung Abah

Ternyata, ada juga menu kudapan yang sering dipesan oleh tamu-tamu yang datang di kala sore hari.. tape bakar, pisang goreng, tales goreng, serabi… dan lain-lain… tergantung bahan mentah yang ada di dapur Warung Abah.

Sate udang

Sate Udang

Tempatnya cozy sekali… disainnya sangat tempo doeloe… dilengkapi dengan pendingin ruangan, membuat kita serasa di pedasaan pegunungan.
Boleh untuk tempat kumpul-kumpul bersama teman-teman untuk ngobrol… karena suasananya santai sekali diiringi alunan musik tradisional sunda.

kudapan "tape bakar" dengan minuman botol "Saparella"

kudapan "tape bakar" dengan minuman botol "Saparella"

Alamat Warung Abah, di Jl. Lebak Bulus Raya I no. 10, Cilandak- Jakarta Selatan. Telp. 021-751 5983. Jam buka dari jam 10:00 – 22:00.

Posted in Makan | Tagged , , , | 2 Comments

Sarapan di Lotus

Bubur ayam di Lotus Pondok Indah

Tadi pagi, saya janjian sama kolega saya (Herman)untuk sarapan bareng…sambil membicarakan proyek bersama yang sedang kita kerjakan. Saking sudah biasa sarapan disini kalau weekend, sampai lupa deh untuk diceritakan disini, padahal kalau sarapan disini, cukup seru lhooo…

Nama restorannya LOTUS, letaknya di pertokokan Pondok Indah Plaza. Restoran ini sudah berdiri lama, kalau tidak salah, sejak perumahan Pondok Indah dibuka, restoran ini termasuk salah satu yang pertama-tama buka pada masa itu.

Dulu, saya dan keluarga suka makan malam disini, karena menu nya beragam dan semua nya asik., menu utama adalah Chinese Food, seperti sup hisit telur kepiting, burung dara goreng, dan teman-temannya… sepertinya, nanti saya juga berkewajiban buat menulis khusus tentang ini.

Tapi belakangan ini, Lotus menyediakan sarapan pagi dari jam 7 pagi, berupa aneka macan dimsum. Rasanya … wow … sedaaap… Yang paling saya gemari adalah: ceker ayam dan harkaw… tapi yang lain-lainnya juga enak… ada cumi-cumi bumbu kuning, udang mayonaise, somay, tahu baso, dan goreng-gorengan yang lain.

Yang tidak kalah menarik, adalah bubur ayam nya… rasanya enaaak sekali. Ditambah dengan irisan daun bawang, daun seledri, potongan cakwe kecil-kecil serta gorengan kulit pangsit mini. Selain itu, minum yang paling cocok adalah Chinese tea (teh cina), dihidangkan dalam cangkir kecil.

Aneka dimsum di Lotus Restaurant - Pondok Indah

Kalau anda tinggal di sekitar Pondok Indah atau Lebak Bulus, saya yakin, pasti anda sering atau paling tidak pernah datang kesini.

Di hari-hari kerja, biasanya banyak ibu-ibu yang arisan sambil sarapan disini, atau executive yang mengadakan breakfast meeting disini, tapi kalau anda datang pada hari Sabtu atau Minggu, waaaahl… jangan harap bisa langsung dapat tempat duduk! Saking ramainya… malahan kadang-kadang waiters nya juga sudah ngga lihat kita lagi… hahaha…

Yuuk mau coba sama saya? …. Gimana kalau besok kita sarapan bareng disana??

Posted in Makan | Tagged , , , | Leave a comment

Getuk, Si Manis Dari Magelang

getuk copy

Getuk Isine seko telo,

yen ra petuk atine dadi gelo

……………………………….

……………………………….

Itulah sepenggal bait dari lagu Jawa yang berjudul GETUK. Hampir semua orang akan mengenal jenis makanan ini, dan akan menjawab Getuk jika orang akan menanyakan makanan asli apakah dari Magelang ?

Oleh karena terkenalnya maka getuk di kota ini seakan menjadi trade marknya dari kota Magelang, sehingga orang belum lengkap pergi ke kota kecil di Jawa Tengah ini jika belum mencicipi atau membawa oleh-oleh Getuk. Getuk dalam tahun-tahun yang lalu selalu mengalami perkembangan, terutama dalam hal penyajiannya. sebut saja Getuk TRIO yang konon adalah pelopor pembuatan getuk yang dikemas dalam kotak yang menarik, dan terkenal dengan getuk TRI WARNA (tiga warna), dan tahun-tahun selanjutnya banyak pengusaha-pengusaha yang tumbuh dan mengembangkan makanan getuk ini, dari yang dulunya makanan ini tidak tahan lama ( karena tidak mengandung bahan pengawet, seperti yang telah d tradisikan oleh perusahaan getuk cap TRIO ), kemudian muncul makanan sejenis diatas dan sudah memberi perbedaan pada keawetan getuk ini di konsumsi, sebut saja getuk cap ECO, dll.

Namun penjelajah rasa jangan lupa, bahwa di Magelang ini terdapat bentuk getuk lain yang sebenarnya jenis getuk ini adalah yang paling tua keberadaanya, daripada getuk yang saya sebutkan terdahulu, yaitu getuk yang masih asli dan biasanya getuk ini bisa dijumpai di Jl. Pemuda (d/h. Pecinan ) atau didalam Pasar Rejowinangun (sebelum ter/dibakar).

getuk gondok copyBiasanya getuk ini selain lebih nikmat dan lebih murah, juga dapat mudah dibeli, karena hampir di jalan yang saya sebutkan tadi, ibu-ibu ini menjualnya dengan ramah dan sambutan khas kota Magelang.

Biasanya getuk jenis ini bermacam-macam jenis misalnya, ada getuk Lakar, Getuk Berbetuk Bulat dan getuk warna warni, biasanya untuk getuk jenis tertentu di jual bentuk potongan ( penjual akan memotong jika kita membelinya dan biasanya akan dibungkus dengan daun pisang ).

Dan dalam tahun-tahun terakhir ini, getuk jenis ini sudah ada yang mulai mengubah cara menjualnya, barangkali ingin lebih cantik dan praktis yaitu dengan jalan sudah dikemas dalam bentuk kotak kardus ( seperti dalam foto ), sehingga akan terkesan catik dan menarik, hanya saja karena getuk ini measih mempertahankan tradisi getuk yang tanpa pengawet, maka getuk ini tidak mempunyai waktu yang lama untuk dinikmati, yah…hanya dalam sehari getuk ini dapat bertahan.

Menurut informasi yang saya dapat, bahwa getuk ini belum banyak diproduksi oleh perseorangan, kalau tidak salah hanya ada 2 tempat produksinya, yaitu di daerat Jl. Karet saja.

Jadi kami yang kebetulan bertempat tinggal di daerah dekatnya, maka ketika saya pulang kampung saya sering membelinya untuk dinikmati bersama-sama keluarga sekedar mengobati kangen pada makanan khas kotaku, dan yang mungkin menjadi sangat berarti dan terkesan spesifik maka Getuk ini dipakai oleh para Blogger Magelang yang tergabung dalam PENDEKAR TIDAR sebagai tema / nama bagi suatu acara yang dilaksanakan, dan untuk pertama kalinya acara GETHUKAN ini akan dilaksankan pada tanggal 2 Januari 2010. Selamat ber GETHUKAN semoga acara ini akan menambah pengalaman, wawasan dan perkawanan yang positif, selamat sedulur……!!!

Posted in Jalan jalan, Makan | Tagged | 2 Comments

KETEMU KLANGENAN DI PULANGKU

Tidak kuduga, acara mengantar kakak dari Non saya untuk melaksanakan persiapan ibadah umroh tahun ini ke Magelang, secara pribadi mempunyai beberapa catatan yang meski disampaikan khususnya dengan JELAJAH JAJAN saya, juga dalam rangka memenuhi halaman-halaman blogku ini.
Dan yang paling sangat kebetulan adalah ketika saya harus Jelajah Kota saya berkesempatan menikmati acara Festival Makanan Tradisonal X di kota Jogja, dan inilah acara memanjakan lidah saya.
Karena berangkatnya ke Magelang sudah malam dan kami semua belum juga makan malam, maka kami memutuskan untuk menisi perut agar perut saya tidak keroncongan di tengah perjalanan maka saya ingin memanjakan lidah dengan makanan yang banyak kuahnya yaitu; Soto Kikil sedang kakak saya menikmati kegemarannya yakni Sop Buntut, di sebuah rumah makan di tengah kota Mojokerto yaitu rumah makan MELATI.
soto kikil mojokerto
sop buntut copy
Itulah sebagian makanan yang sempat saya upload untuk bisa dinikmati fotonya aja, sebetulnya masih ada beberapa lagi makanan yang kita pesan, tapi karena dilihat dari macem dan tampilannya kurang begitu manarik, yah…terpaksa lewat saja.
Di Magelang hari pertama, makanan yang saya nikmati adalah LOTEK.
lotek mgl
Lotek bagi saya adalah makanan yang tidak asing bagi saya, dulu ketika saya masih tinggal di Magelang adalah makanan yang mudah di dapat dan selalu ada penjualnya di setiap penjuru-penjuru kampung.
Lotek yang saya temui pagi itu kelihatannya tidak komplit seperti lotek yang dulu ini aku temui, lotek kali ini hanya berisi kangkung, kecambah dan irisan tahu matang, ditambah dengan bumbunya yang bercita rasa khas itu.

Setelah kami menikmati makanan yang juga termasuk khas ini, saya sempatkan juga untuk menikmati belanja di pasar TUKANGAN, pasar ini selain dekat dengan rumah juga, karena pasar ini menurut Ibu juga termasuk pasar yang sudah komplit menyediakan berbagai macam kebutuhan, baik yang sudah jadi maupun bahan kebutuhan yang lain. Di pasar ini saya temukan lagi satu jenis makanan yang menurut hemat kami tidak ada di tempat lain, yaitu KETAN JALI.
ketan jali copy
Jajanan ini seperti namanya, juga dibuat sedemikian rupa sehingga menyerupai ketan hanya, bahannya diuat dari jali, yaitu sejenis jagung jali, selain rasanya gurih ternyata karena diberi bahan yang manis, yaitu parutan kelapa yang dibumbui gula maka, hemmmm rasanya gurih dan manis menjadi satu.
Selain di Magelang kami juga menyempatkan untuk menikmati kota Jogyakarta, sehingga di kota ini kami tidak sia-sia kan juga untuk jelajah jajan, dan yang beruntungnya saya sebab di pojok slatan Jalan Malioboro, tepatnya di halamam patung Serangan 11 Maret dilaksankan FESTIVAL MAKANAN TRADISIONAL ke X Jogjakarta, sehingga disini kami ingin berburu masakan yang aneh-aneh atau makanan yang tidak biasa aku temui selama ini, dan benar di arena ini saya menemukan SOTO GERABAH.
soto gerabah copy
Memang kalau kita melihat nama yang diberikan untuk makana ini seakan pikiran kita di hadapkan pada satu jenis makanan yang lain, tetapi ternyata setelah saya cicipi soto ini tidaklah seperti yang saya bayangkan, soto ini tetap seperti soto yang pernah kita temui, mungkin hanya karena wadah/tempat yang dipakai adalah gerabah, mungkin inilah yang menjadikan soto ini dinamakan soto gerabah, dan sebgai pelengkap minuman setelah makan soto ini saya coba minum yang kebetulan tempatnya berada di depannya yaitu, WEDANG RONDE
ronde copy
Tapi sebelumnya kami perlu sampaikan bahwa sebelum makan dan menikmati jajanan di acara tersebut diatas, siangnya kami makan siang di suatu mall yang ada di Jl. Malioboro dan menikmati makanan yang kami anggap sudah biasa kami temukan yaitu : SOTO SULUNG dan SOTO KUDUS

soto sulung copy

soto kudus copyDan itulah beberapa makananan yang sempat aku cicipi selama berada di Magelang dan Jogja dalam acara jelajah jajan saya dengan keluarga.
Semoga kita bisa ketemu dengan jenis makanan yang lain di tempat yang lain pula……. Selamat menikmtai kasanah jajanan kuliner Indonesia.

Posted in Jalan jalan | Tagged , , , , | 2 Comments

Michael Jackson – This Is It

Kita mengenal Michael Jackson dari kecil sampai meninggalnya 25 Juni 2009. Banyak sekali lagu lagu Michael Jackson yang sampai sekarang masih dinyanyikan oleh anak anak yang mereka sendiripun baru taunya belakangan ini. Sudah lama saya juga berpikir Michael sebagai seorang seniman, memang nggak ada lagi yang bisa menyamai lagi, sepanjang masa. Saya rasa saya punya hampir semua lagu atau DVDnya

Hari ini saya dan istri berkesempatan untuk menonton ” This Is It ” nya Michael Jackson di gedung bioskop. Bertahun tahun kami tinggal di Amerika mungkin ini baru yang ke tiga atau empat kalinya kami nonton di bioskop.

Film ini dibuat dari cuplikan dari latihan dan rehearsal selama beberapa bulan untuk tournya Michael Jackson yang tadinya akan diadakan di Eropa sebanyak 50 kali bulan Juli yang lalu. Potongan potongan rehearsal ini diedit sehingga menjadi satu satuan lagu yang enak ditonton.

Michael Jackson - This Is It

Michael Jackson - This Is It

Di sini saya menjadi semakin yakin bahwa orang seperti Michael Jackson nggak akan ada lagi. Dia mengikuti semua proses dari awal sampai akhir, termasuk juga memilih penari latar, penyanyi dari ratusan orang. Dan akhirnya juga ikut memberi arahan arahan kepada semua penari, pemusik, sutradara, pengatur lampu … pokoknya semua deh. Saya nggak heran kalau semua hasil karya Michael Jackson sungguh enak dinikmati

Dia bisa mengekspresikan perasaan hatinya sehingga menjadi sebuah lagu, dengan tarian atau gerakan dan juga ditambah dengan perlengkapan panggung dan segala macam. Sehingga kita selama ini bisa ikut menikmati sebuah karya seni yang tidak hanya enak didengar, tapi juga ditonton.

Sungguh nggak nyesel nonton Michael Jackson – This Is It

Posted in Unek unek | Tagged | 4 Comments

Spesial Belut Surabaya, Ketemu pujaan hati

Sabtu malam, bagi anak-anak adalah malam yang paling ditungu-tunggu, kenapa ? karena mereka tiap Sabtu malam harus diajak main keluar rumah, dan kami sebagai orang tuanya pun meng iyakan, sebab selain ingin refrehsing di akhir Minggu, juga kita ingin menikmati makan malam diluar, entah walau makannya hanya di pinggir jalan atau di rumah makan, atau dimana saja yang jelas anak-anak maunya keluar untuk hanya sekedar refreshing keluar, hanya saja malam Minggun ini anak-anak tidak mau kita ajak keluar dan terpaksa karena saya ingin makan diluar makan hanya saya dengan Non saja yang keluar.
Sengaja jelajah jajan kali ini lidah kita berdua ingin menikmati dengan makanan belut, dan yang menjadi tujuan kami adalah warung makan Spesial Belut Surabaya (SBS) H. POER yang berada di Jl. Banyu Urip Kidul (Bok Abang).

belut s inggris copy

Warung makan SBS ini di kalangan masyarakat penggemar belut sudah tidak asing lagi, karena di tempat ini kita bisa berbagai macam menu yang berbau belut, tapi di sinilah kita bisa menikmati menu yang lain selain belut, seperti ayam, lele dan lain-lain.
belut elek copy

Menikmati menu belut disini memang terasa lain dari menu belut di tempat yang lain, sebab selain disini harganya relatif terjangkau, yang utama adalah hasil cita rasa masakannya, wah….. sungguh lidah ini seakan bergoyang tak mau berhenti, coba saja menu BELUT SAOS INGGRIS nya, wah selain sambelya yang pas juga gorengan welutnya yang benar-benar pas di mulut ini.

Dan yang tak kalah enaknya, masakan yang jadi favorit saya, PECEL BELUT ELEK, dengan pesan yang pedasnya cukup, membuat gorengan belut ini terasa sensasional sambelnya, pedas dicampur belut goreng yang masih basah, wah… sungguh tak terkira.

Posted in Jalan jalan, Makan | Tagged , | Leave a comment

Cape Town – South Africa – Part 3

SIMON’S TOWN

Tanpa mengisi perut, saya hanya sempat menaruh koper sebentar di hotel, dan karena hari masih pagi, pemandu jalan langsung meminta saya untuk segera turun dan kembali ke mobil… Dia bilang, hari ini cuaca sedang cerah… jangan sia-siakan… kita harus segera berangkat.. Mulanya saya bingung… tapi setelah dijelaskan, di Cape Town apabila sedang berada di musim dingin, makan seringkali cuaca berubah-ubah dalam jangka waktu hanya  satu hari saja… waaah kalau demikian, kami harus bergegas berangkat.

Perjalanan diawali dengan menyusuri sisi pantai menuju ke arah selatan… menuju daerah di Dido Valley Road, yang bernama Simon’s town.

Beach along  Simon's Town

Beach along Simon's Town

Pemandangan menuju kesana sangat indah… jalanan kami berada di atas bukit yang banyak pepohonan dan bersiiih sekali, sedangkan ke bawah kami dapat melihat laut… aduuh indah sekali.

Tujuan kami adalah toko / pabrik gemstone.. batu-batu sedimen yang berasal dari tanah Afrika yang sudah berumur ratusan tahun… Nama tokonya Scracth Patch & Mineral World.

Hills along the way to Simon's Town

Hills along the way to Simon's Town

Rasanya senaaaang sekali bisa menjumpai tempat yang seperti ini.

Begitu sampai, yang kami lakukan adalah membuka mata lebar-lebaaaaar… Bagaimana tidak? Hamparan batu-batu berwarna-warni terserak begitu saja di atas tanah… yang merupakan jalan masuk ke toko…. bukan main… banyaaaaaak sekali…. Saya langsung panik!..haha..

Simonstown Mineral World

Simonstown Mineral World

Pikiran langsung terbayang wajah-wajah teman, saudara-saudara di tanah air… Pasti mereka senang sekali jika dibawakan oleh-oleh seperti ini dari Afrika Selatan.

Mata saya mulai menelusuri isi toko batu itu,.. menyapu pandangan ke seluruh sudut toko… Masya Allah… semuanya sungguh indah… Ada yang sudah berupa gelang, anting, kalung, adapula yang berupa batu setengah mentah… Waah… gimana nih cara membawanya pulang ke Indonesia? haha

Ternyata batu yang khas dari South Africa adalah batu yang diberi nama “tiger’s eye”… ciri batu ini berwarna coklat keemasan, disertai loreng-loreng hitam… cantiiik sekali dan agak mahal harganya dibanding batu-batu yang lain.

colourful gemstone at Simonstown

colourful gemstone at Simonstown

Disini kita juga bisa membeli batu berdasarkan kaleng. Jadi mereka menyediakan 2 ukuran kaleng.. kecil dan besar. Nah, kita tinggal memasukan (menyerok) batu-batu campur yang tersedia di dalam drum kayu yang besar…. boleh dipilih-pilih. Ada  Tiger’s Eye, Rose Quartz, Lime Quartz, Amethyst, Jasper, Agates dan Crystals. Jika kita ingin langsung merakit batu-batu itu menjadi cincin, maka di toko dijual rangka cincin, sehingga kita tinggal menempel batu di atasnya… sangat praktis..

gemstone all over the ground...!!

gemstone all over the ground...!!

Tidak terasa kami menghabiskan waktu hampir 5 (LIMA) JAM! hanya di toko itu… hahaha…belum pernah si pemandu jalan kedatangan tamu seperti kami. Dia sudah berkali-kali mengingatkan kami bahwa masih ada beberapa tempat yang harus kami kunjungi, takut hari keburu sore. Hmm… Banyak sekali yang saya beli, harga juga sangat  terjangkau… setiap barang dikemas dalam kemasan yang cantik, siap untuk dijadikan hadiah atau oleh-oleh. Dengan senyum penuh kemenangan, kami membawa belanjaan batu ke mobil, siap untuk tujuan wisata berikutnya.

Posted in Jalan jalan | Tagged , , , | 2 Comments

Qutb Minar in New Delhi – India

Bangunan yang termasuk bersejarah dan merupakan obyek pariwisata ternama di kota New Delhi India….. Qutb Minar…

Kebetulan letaknya dekat dengan hotel tempat saya menginap.. Qutb  Minar terletak di kompleks Qutb (Qutb artinya semacam temple atau candi).

Qutb Minar - the signage

Qutb Minar - the signage

Bangunan ini didirikan sekitar tahun 1193, di klaim sebagai tower terbuat dari batu bata dan batu minaret tertinggi di dunia, setinggi 72,5 meter. 

Qutb Minar tower at the back ground

Qutb Minar tower at the back ground

Dulunya, Qutb Minar dipakai untuk tempat azan memanggil umat Islam untuk beribadah.

 Disekitar tower terserak reruntuhan batu-batu warisan masa lalu. 

Sekitar Qutb Minar – candi-candi kecil dan sisa-sisa reruntuhan batu

Sekitar Qutb Minar – candi-candi kecil dan sisa-sisa reruntuhan batu

Sepanjang perjalanan, banyak sekali penduduk yang berprofesi sebagai “pengamen” ular cobra… Saya minta supir untuk berhenti guna mengabadikan atraksinya… hendak mendekat, tapi agak takut… hiiii… takut dipatok!..  Jadi saya melihat dari balik punggung si “pengamen” ini.

"pengamen" ular cobra

"pengamen" ular

hiii... takut sama ular cobra nya..

hiii... takut sama ular cobra nya..

Posted in Jalan jalan | Tagged , , , | 1 Comment

Pure – Restaurant ala makanan sehat di Plaza Indonesia

Kalau anda penikmat makanan tanpa MSG – dan cara pembuatan makanan menggunakan minyak nabati – serta penyenang minuman berasal dari buah-buahan segar,.. maka di PURE lah tempat anda bisa memuaskan rasa lapar dan dahaga itu …

Pure terletak di Plaza Indonesia lantai 3 unit 118 . Disain interiornya menarik, gaya “modern clean look”  sudah mewakili produk yang ditawarkan dan akan disajikan disini… suasana urban lekat sekali terlihat sewaktu kita melewati façade restaurant ini. 

pure-interior

pure-interior

 Konsep dari Restaurant ini adalah spesialis penghidang masakan ala sehat (healthy food..bahasa kerennya). Jenis makanannya beragam, mulai dari selera Indonesia, Asia sampai Western. Namun ternyata semuanya diolah dengan bahan-bahan yang aman dikonsumsi tubuh kita.

Chicken BBQ

Chicken BBQ

 

Fetucine with spinach

Fetucine with spinach

Tampilan hidangan ditata rapih di atas perangkat makan yang cantik..  Coba lihat di foto… disain piring keramiknya begitu lucu, menambah indah makanan dan ingin cepat-cepat disantap.

Nasi pelengkap Chicken Teriyaki dicampur dengan sayuran yang dipotong kecil-kecil… membuat cantik penampilannya. Saus teriyaki khas Pure rasanya enaaak sekali.

Chicken Teriyaki sauce ala Pure

Chicken Teriyaki sauce ala Pure

Selain menu masakannya ala sehat, daftar minumannya pun ala sehat… dengan sebutan-sebutan yang lucu dan segar pula… (saya lupa, tapi kira-kira artinya adalah penyegar badan.. sejenis smoothies). Minggu depan saya rencana akan kembali kesini, nah…nanti saya catat ya nama-nama minumannya.

eeh..ternyata, Pure ini satu group sama My Body Gym… panteeees… kesehatan adalah yang mereka utamakan…

motto nya:

LESS sodium, oil, fat… HIGH in protein, fiber…. MORE energy…

asiiik kan? makan & minum enak, segar dan sehat pula…

coba hubungi aja untuk reservasi di tlp : 3926243

Posted in Makan | Tagged , , , | 3 Comments