Pupusa ala Honduras

Irene Pupusa’s III
11300-B Georgia Ave.
Wheaton, MD 20902, Dekat Washington DC
Phone: 301.933.2118
Nearby Metro: Wheaton

Wheaton adalah salah satu burb dari Washington DC yang masuk ke Negara bagian Maryland. Burb ini didominasi oleh komunitas latin dari Amerika Tengah dan Selatan seperti dari El Salvador, Honduras, Peru, Brazil dan Argentina plus sedikit komunitas Asia seperti Vietnam dan Jepang. Saat saya berjalan di downtown Wheaton hampir semua Toko berbau latin, dan orang-orang yang saya temui pun rata-rata keturunan latin yang saling menyapa dengan bahasa spanyol, serasa bukan di Amrik pokoknya.

Tentunya kuliner juga menjadi perhatian utama disini, secara buat komunitas Hispanik, makanan adalah salah satu kenikmatan dalam hidup. Cukup banyak resto khas dari berbagai Negara Latin disini, paling banyak adalah Chicken Rotiserrie ala Peru dengan ayam bakar dan sides seperti nasi, beans, fried plantain dll, sayang Resto El Pollo Rico yang tadinya mau saya coba sedang renovasi akibat baru-baru ini kebakaran. Lalu ada beberapa joint Argentina dan Brazil juga. Saya akhirnya mampir ke salah satu Resto Salvadoran bernama Irene’s Pupusas III, seperti namanya special dari resto ini adalah Pupusas, “pancake” tepung beras gurih ala El Salvador dengan berbagai isi.

Saat saya masuk, serta merta pelayan menyapa saya dengan bahasa Spanyol dengan mengatakan sesuatu yang kemungkinan besar artinya “lu mau makan disini apa di bawa pulang” yang saya jawab dengan senyum manis, “ I don’t speak Spanish and I want to order Pupusas to eat here” hehehe. Pengunjungnya memang 100% hispanik, apalagi waitressnya, ada beberapa orang Polisi yang sedang break pun Hispanik, ya semua sempat menolehkan muka ke arahku, mungkin mikir, ini orang rada nyasar kali ya.

Setelah melihat menu yang cukup ekstensif saya tentunya order Pupusas, 2 buah aja dengan isian pollo queso(chicken and cheese) dan satu lagi refried beans. Lalu pesen Tacos ala Honduras juga yang isinya avocado, keju dan chicken, untuk minumnya saya pesan Horchata, “Es Coklat Susu” ala Amerika Latin yang spicy.

Makanan pembuka saya adalah Tacos de Lengua, open-faced soft tacos dengan topping queso (keju jenis mozzarella ala Amerika Tengah), sliced Avocado, daging panggang lengua yang empuk dan tasty banget, dengan taburan irisan lettuce untuk sensasi crunchynya. Tacosnya memang versi soft yang mirip dengan pancake tipis, kejunya sudah meleleh menyatu dengan tacosnya. Untuk saus siramannya ada Pico de Galo, saus hijau pedas yang cukup menyengat dan segar, Tacos model ini adalah specialty dari Honduras, masakan Honduras lainnya ada Baleadas, Tortilla jumbo yang dioles refried beans dan spicy beef.

Setelah itu baru saya makan Pupusasnya, bentuknya mirip dengan pancake tapi putih karena menggunakan tepung beras, charred disana sini membuat makin apik penampilannya. Yang pertama isinya keju dan ayam, gurih banget dan yang keduanya isinya refried beans, kacang merah yang dilumatkan dengan bumbu-bumbu, tidak kalah gurihnya dengan aroma kacang merah yang khas. Sayang Pupusas isi Loroco, sebangsa bunga zucchini sedang tidak tersedia

Horchata yang saya pesan juga sungguh unik, “es coklat susu” dengan tambahan remukan beras dan spice seperti cinnamon dan cengkeh, sungguh unik dan segar. Makanan lainnya ada aneka sup termasuk sup daging, seafood dan tripe/babat ala Amerika Tengah, ada Stewed chicken with rice and beans serta aneka Tamales, “pepesan” corn meal ala Latin. Sungguh pengalaman yang unik dan menyenangkan, dan semua diatas dibanderol sekitar USD 10 saja, cukup murah untuk ukuran US

SANGAT DIREKOMENDASIKAN

This entry was posted in Jalan jalan, Makan and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *