Indonesia bukan Indo dan Indo bukanlah Indonesia

Pertama saya mendengar sebutan Indo untuk Indonesia di tahun 1989 di USA. Waktu itu sepupu saya menanyakan kabar sanak saudara kami di Indo? Saya sempat bingung, karena sepengetahuan saya Indo itu sebutan untuk orang campuran antara ras eropa dengan ras asia? Sepupu saya mengatakan, ngga itu untuk gampangnya aja sebut Indonesia. Tapi saya ngga mau ah, kan lain dong Indonesia dengan Indo?

Entah siapa yang memulai tapi dulunya hanya orang orang Indonesia yang berada di luar negri saja, dan semakin kemari semakin sering saya mendengar orang mengatakan Indo untuk Indonesia, saya selalu mengatakan Indonesia bukan Indo! Sekarang semakin banyak kita temui orang Indonesia sendiri ikut mengatakan Indo untuk Indonesia, di chatting, internet maupun percakapan sehari hari.

Memang di Indonesia sendiri juga kata Indo sudah banyak yang memakai misalnya IndoCement, IndoMobil, IndoMie dan semakin banyak lagi Indo Indo lainnya termasuk Indo Maret.

Jawaban dari orang orang yang saya tanyakan kenapa menyebut, menulis Indonesia dengan INDO adalah, lebih mudah lebih cepat dan tidak tau kalau INDO itu untuk India.

Samar samar saya teringat pelajaran di sekolah dulu, tentang Indology adalah ilmu tentang India. Menurut Wikipedia kata INDO adalah prefix untuk Indian subcontinent atau prefix yang menyatakan India.

Kalau kita mencari tau tentang asal usul kata Indonesia di internet maka kita akan mengetahui sejarahnya adalah seorang Inggris yang mulai menyebut kata Indonesia dengan Indunesia. Silahkan baca Sejarah Nama Indonesia

Karena ada teman dari Korea yang mengatakan kalau di negara mereka kata Indo adalah sebutan untuk negara India saya iseng iseng saya mencoba google translate inilah yang saya dengar

Orang Koreaorang Vietnam, orang Tiongkok

Jadi sejak dulu kala kata Indo adalah milik bangsa India bukan Indonesia!

Sedangkan didalam dunia olahraga internasional Indonesia lebih dikenal dan diakui oleh IOC country codes dengan kata INA, kalaupun IND adalah untuk India. Atau juga untuk ISO Country Codes Indonesia diberikan singkatan IDN.

Marilah kita biasakan dan sebarkan dan ingatkan kepada semua orang Indonesia dimana saja, singkatan untuk Indonesia adalah INA atau IDN bukan INDO!!

Semoga tulisan saya ini bisa membangkitkan semangat untuk mulai mengatakan Indonesia bukan Indo.

 

This entry was posted in Internet, Unek unek and tagged , . Bookmark the permalink.