Papan Nama Jalan

Pertama kali saya ke Amerika tahun 1989, waktu itu belum terpikir sama sekali akan tinggal di sini. Kami berangkat berlima, ayah ibu saya, istri dan anak pertama. Waktu itu anak baru satu dan berusia 1 tahun 2 bulan. Kami mendarat di San Fransisco dan dijemput sepupu yang kebetulan sedang sekolah di San Fransisco. Dari Indonesia saya sudah minta adik yang tinggal di St. Louis untuk memesan sewa mobil untuk di San Fransisco dan akan kami kembalikan di Los Angeles.

Saya diantar sepupu untuk ambil sewaan mobil di airport dan ternyata sangat mudah sekali administrasinya. Sampai di mobil saya bingung gimana nih, caranya ….  mobilnya gede banget, setir kiri, automatic dan malam lagi!!!!! Sepupu cuma bilang masukin gigi mundur teus gas ajaaaa.. Haaaaah enak aja emang nggak bingung??? Terus dia bilang yang penting buat orang Indonesia nomor satu ingat ingat kalau ada tanda stop, ya stop beneran, jangan pura pura stop! Perhatikan tanda tanda jalan, jangan sampai dilanggar seperti di Jakarta!!!

Ok deh, mulai lah saya menyetir di Amerika hahaha …. eh dia ingetin lagi saya dan ini buat saya yang terpenting. Papan nama jalan terbalik dengan di Indonesia! Gimana maksudnya??? Jadi kalau di sini kita liat papan nama jalan berarti jalan yang dari kiri ke kanan itulah jalannya! Kalau di Indonesia papan nama jalan itu lah jalan yang kita jalanin ya nggak? Ya bener tuh. Dan waktu itu kan belum ada GPS jadi cari alamat masih pakai peta dan nggak susah sih cuma tinggal cari jalannya aja. Tapi kalau nggak tau yang mana jalannya kan nggak akan sampai ditujuannya.

Ini yang selalu hal pertama kesulitan yang dihadapi teman teman dan saudara yang dari Indonesia pertama datang ke Amerika, baik untuk pindah atau jalan jalan aja, nggak tau nama jalannya yang diujung jalan itu jalan apa!

nama jalan

nama jalan

Jalan walnut adalah kalau saya belok ke kiri atau ke kanan bukannya yang sedang saya jalanin ini …. kebalikannya dengan di Indonesia ya?

Begitulah papan nama jalan di Amerika….

This entry was posted in Jalan jalan, Unek unek and tagged , . Bookmark the permalink.

4 Responses to Papan Nama Jalan

  1. yura chriswasta says:

    Wahhhhhh saya berterimakasihhh dgn adanya artikel ini saya jadi tahu,seandainya saya ke Amerika nanti jadi saya tidak ke sasar,dan jadi mengerti jalan:)

  2. admin says:

    udah pasti nggak kesasar, kan pasti saya anterin deh

  3. Benny Sumarli Jatinegara says:

    Mon, ada gang buntu gak disono atau cuman di rumah gua aja yg ada…yaitu gang bali yg didepannya ada plang…gang buntu, hi.hi.hi..

  4. Shani1979 says:

    Hello blogger, do you monetize your website ? There is easy
    method to earn extra money every day, just search on youtube :
    How to earn $25/hour selling articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *